Pages

Friday, May 15, 2015

Partisipatory Planning

Perencanaan Partipatif digagas oleh HMI Situbondo dalam rangka membangun Good Organization

Situbondo.-Puluhan Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Situbondo sedang melaksanakan Musyawarah Rencana Kerja(Musrenker)di Pantai Pathek Situbondo (14/05). Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Pengurus HMI Situbondo dengan melibatkan Seluruh Anggota, baik anggota muda ataupun anggota biasa.Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mendengar aspirasi/usulan dari seluruh anggota HMI Situbondo yang nantinya akan dirumuskan kembali dalam rapat kerja(Raker) pengurus periode 2015/2016.
“Kegiatan ini kami lakukan adalah untuk mendengarkan secara langsung kemauan dari kader-kader HMI Situbondo, sehingga nanti ketika kami merencanakan program kerja.menjadi program yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan kader”,terang Ainul Burhan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Periode 2015/2016.
Tehnisnya adalah,seluruh anggota yang hadir dalam Musyawarah tersebut dibagi menjadi 3 komisi. Komisi I membahas tentang Pendidikan,budaya dan tehnologi, Komisi II tentang Ekonomi dan Pertanian sedangkan Komisi III Lebih banyak yakni bidang social,hukum,Ham dan lain sebagainya.Setelah masing masing komisi mendiskusikan usulannya,kemudian dilanjutkan dengan Pleno, dimana setiap komisi mempresentasikan hasil Diskusi di Komisinya.
“Kurang lebih terdapat 30 usulan Prioritas dari hasil Musyawarah Tersebut”,Terang Nurul Sekretaris Umum periode 2015/2016.lanjut dia, usulan-usulan itu akan dirumuskan kembali oleh pengurus yang kemudian akan dispesifikasikan sesuai dengan bidang-bindang yang ada di kepengurusan yakni bidang Pembinaan,pengembangan dan penelitian Anggota(PPPA),Bidang Perguruan Tinggi kemahasiswaan dan Pemuda(PTKP),Bidang Kewirausahaan dan pengembangan Profesi (KPP),Bidang Pemberdayaan Perempuan,Kebendaharaan,administrasi dan kesekretariatan.
Selama ini program yang di Planingkan oleh beberapa organisasi memang belum dilakukan secara partisipatif (Bottom-Up) Melainkan lebih dari aatas kebawah (Top-Down).Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)Situbondo mengawali untuk terlaksananya proses perencanaan dengan mendengarkan langsung pendapat atau aspirasi dari anggotanya yang menurut keterangan salah satu Pengurus,Anggota HMI Situbondo sudah mencapai angka Lebih dari 150 Orang. Ini adalah angka yang masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah seluruh mahasiswa yang kuliah di situbondo ±10.000 orang.Kedepan HmI situbondo perlu lebih giat lagi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Kadernya.(15/05/2015)

0 komentar:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Post a Comment