Pages

Wednesday, February 5, 2014

Peringati 05 Februari di Tengah Bencana Banjir dan Longsor

   Hari ini pada tanggal 05 Februari 2014 adalah hari bersejarah untuk Himpunan Mahasiswa Islam, Karena pada tanggal tersebut Himpunan Mahasiswa Islam didirikan oleh Lafran Pane bersama beberapa orang mahasiswa Tingkat I di Sekolah Tinggi Islam (Sekarang Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta.
    Dibeberapa Cabang atau Komisariat di Lingkungan HMI sering memperingati Tanggal tersebut dengan berbagai acara. Ada yang dengan temu alumni, Seminar, Orasi Kebangsaan, Perlombaan dan lain sebagainya. Misalnya pada siang tadi (05/02/2014), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bondowoso memperingati kelahiran HMI dengan acara bedah Buku yang berjudul" HMI antara Kritik dan Cita" bertempat di Pendopo wakil Bupati Bondowoso.
    Namun berbeda halnya dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Situbondo.Mereka tidak bisa mengadakan peringatan Kelahiran HMI tepat pada tangga 05 Februari 2014, dikarenakan Wilayah Situbondo saat ini tertimpa musibah banjir dan tanah Longsor. Beberapa rumah warga dan Fasilitas Umum di Situbondo mengalami kerusakan.Jalan Pantura penghubung Situbondo-Banyuwangiyang melewati Pasir Putih Bungatan, beberapa waktu yang lalu mengalami kelumpuhan karena tanah yang dari atas gunung jatuh ke tengah jalan hingga arus lalu lintas macet Total. Akhirnya lalulintas di alihkan ke Bondowoso.

    Di daerah Tanjung kamal, 58 rumah warga terbawa arus banjir dan 8 rumah lainnya rusak parah.Di daerah Landangan, berhektar-hektar  persawahan padi tergenang air hingga merusak lahan.Lain lagi di daerah kendit, suboh besuki dan daerah -daerah lainnya di sekitar Situbondo.
   Korban bencana tersebut membutuhkan bantuan baik berupa logistik ataupun tenaga. Karena adanya bencana tersebut mengganggu aktifitas warga. Maka dari itu, pada tanggal 05 Februari 2014 ini, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)Situbondo tidak bisa memperingati kelahiran HMI dalam bentuk Ceremonial tetapi dengan memberikan bantuan berupa tenaga dan Logistik kepada para Korban bencana Banjir dan tanah Longsor di Daerah Sekitar Situbondo. Bantuanpun hanya dilakukan di dua Desa yakni di Mlandingan Wetan dan Tanjung Kamal karena di dua desa tersebut tergolong agak parah.
    Namun para Kader HMI Situbondo sangat optimis meskipun tidak bisa memperingati kelahiran HMI pada hari ini(05/02/2014).Bukankah membantu Warga yang terkena musibah merupakan masalah keummatan yang akan mewujudkan insan pengabdi yang bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridho'i Allah Subhanahu wata'ala ? . Tetap semangat dan YAKUSA. Amiin

0 komentar:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Post a Comment