Pages

Wednesday, July 16, 2014

HMI Goes to School

Kendit.-Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, setiap ibadah yang dilakakukan oleh manusia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.Perlu kiranya memaksimalkan ibadah di bulan yang penuh dengan kemurahan Allah S.w.t ini.(16/07)
Bulan ini tidak dibiarkan berlalu dengan sia-sia. Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) Situbondo memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini dengan melakukan berbagai kegiatan ibadah, salah satunya adalah HMI goes to school yang dikoordinir oleh bidang Perguruan Tinggi, kemahasiswaan dan Pemuda ( PTKP)."Dalam rangka mengisi ramadhan yang penuh berkah ini, kami mengadakan HMI Goes to school yang ditempatkan di SMKN 1 Kendit,"Terang Santoso yang saat ini menjabat sebagai Wasekum PTKP di HMI Situbondo.
Kegiatan tersebut diawali dengan tadarusan secara bergiliran yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi - materi keutamaan bulan puasa dan pengenalan sedikit tentang dunia kemahasiswaan."Para siswa cukup semangat mengikuti rangkaian acara yang kami sajikan di kelas meskipun juga sering ramai," terang Zainul Kabid PTKP HMI Situbondo.
Pada hari pertama, Kondisi kelas masih kurang kondusif karena ini adalah pengalaman pertama mengisi kegiatan di sekolah menangah. Awalnya konsep penyampaian materi dengan menggunakan metode ceramah, tetapi metode tersebut dirasa tidak efektif karena para siswa lebih banyak yang tidak mendengarkan pemateri . Hari kedua konsepnya dirubah menggunakan metode Diskusi kelompok  dengan materi pembahasan adalah "Cinta Islami".
Forum menjadi sangat ramai karena masing-masing kelompok mendiskusikan dengan anggotanya. Karena setelah didiskusikan di internal anggota, mereka akan berdebat dengan kelompok yang lain. Kelompok Putra melawan kelompok Putri. Mereka diajari untuk bisa mempertahankan pendapat meskipun belum menggunakan referensi yang cukup. yang terpenting berani untuk bicara terlebih dahulu.
Abeil,21, Menjelaskan," materi yang kami ambil untuk hari kedua ini memang yang berkaitan dengan cinta, karena anak remaja itu akan menjadi tertarik untuk berdiskusi ketika bahan diskusinya adalah Cinta,"Terangnya."Kegiatan semacam ini perlu untuk terus dikembangkan oleh adek-adek HMI,Karena sangat positif untuk mengembangkan kreatifitas berpikir peserta didik," terang Bapak Fuad yang juga sebagai Guru di SMKN 1 Kendit.
Kegiatan berakhir pada hari Sabtu(19/07) dengan materi sex education yang merupakan bagian dari rangkaian materi yang disajikan pada hari sebelumnya.Acara berjalan cukup lancar, meskipun ada sedikit kendala dilapangan, kadang karna molornya waktu yang di alokasikan oleh sekolah.(Sz_)

0 komentar:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Post a Comment