Pages

Saturday, April 5, 2014

‘’MAKNA PERJUANGAN MAHASISWA DI ERA MODERISASI’’

Mahasiswa atau Student In University, adalah sekelompok orang yang menuntut ilmu diperguruan tinggi, baik universitas, institute, akademi, sekolah tinggi, dan alin sebagainya. Namun munafik bagi kita sebagai mahasiswa jika hanya menjalankan peran sebagai insan kampus, karena mahasiswa berperan penting bagi social masyakat. Dengan brand Agen Social Of Change, Agen Social Of Control, Agen of Future, Mahasiswa menjadi suatu wadah untuk berjuang, untuk membela rakyat, kaum buruh tani, kaum buruh kota, dan untuk merubah suatu keadaan social kemasyarakatan. mahasiswa memiliki posisi penting di masyarakat. Dengan potensi dan kelebihannya mereka mampu melakukan tindakan-tindakan yang bisa me njadi pertimbangan masyarakat dan pemerintah.
Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran mahasiwa bagi perubahan bangsa indonesia. Sebagai kader ummat dan kader bangsa yang kritis ditambah dengan potensi yang dimiliki, sudah sepatutnya mahasiswa tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi tanpa memberikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Tugas mahasiswa tidak hanya mengikuti kuliah di kampus dengan rutinitas yang terjadwal, namun mahasiswa juga memiliki peran penting untuk memikirkan nasib bangsa dan Negara. Adalah suatu tugas yang Sakral bagi kita sebagai Mahasiswa untuk berjuang demi rakyat, demi terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.
Jika kita melihat gerakan-gerakan mahasiswa sesuai dengan perkembanganya, Himpunan Mahasiswa Islam telah banyak memberikan kontribusi bagi Negara Indonesia ini. Banyak kader HMI yang berjuang melawan penindasan, memerangi tirani di Era Moderisasi seperti ini. Kader Hijau hitam ini berjuang dari Skala Mikro sampai ke Skala Makro, sebagai wujud perjuangan Mahasiswa di Indonesia HMI tidak dikenal lagi sebagai Himpunan Mahasiswa Islam, tetapi dikenal dengan Himpunan Mahasiswa Indonesia, karena memang banyak kader HMI yang telah memberikan kontribusi kepada bangsa Indonesia ini sebagai wujud mahasiswa kader umat kader bangsa.
Berpijak dari itulah bisa kita maknai bahwa perjuangan mahasiswa sangatlah berguna bagi Negara dan bangsa Indonesia ini. Apalagi di era moderisasime yang keadaanya serba dilematis, karena suatu kebenaran yang memang benar dengan suatu keasalahn yang memang salah, di era moderisasime seperti ini hamper tidak ada bedanya. Jadi ketika misalnya pemerintah melakukan pembodohan dan penindasan kepada rakyat, itu hamper tidak ada indikasi kesana. Karena di era seperti inilah rakyat mudah diprovokasi dan dibodohi oleh pemerintah dan kaum-kaum borjuis maupun kaum-kaum kapitalis yang menindas kaum miskin, rakyat jelata, dan buruh.
Disilah tugas mahasiswa untuk memperjuangkan hak-hak rakyat untuk diberikan kepada mereka yang berhak. Banyak para mahasiswa yang berjuang untuk mengadvokasi hak-hak rakyat, termasuk juga para mahasiswa yang tercover dalam hijau hitam komunity atau HMI telah berjuang untuk rakyat, baik melalui aksi, audiensi, diskusi, seminar, kritik lewat pers, media, atau langsung lewat bakti social dan analisi social. Ini membuktikan bahwa betapa sakralnya makna perjuangan himpunan mahasiwa islam bagi masyarakat Indonesia. Karena mahasiwalah yang mengemban amanat untuk merubah zaman, mahasiswalah yang menjadi missionaris bangsa dan Negara Indonesia demi terwujdnya masyarakat adil makmur yang diridhoi allah swt.
YAKIN USAHA SAMPAI………………….

By : Muhammad Fathor Rozy

                                                                                                      Sang Pengembala Cinta  

0 komentar:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Post a Comment