Pages

Sunday, February 9, 2014

Millad HMI KE-67

Situbondo.-Siang tadi,dimulai dari jam 09.00 tanggal 09 Februari 2014 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Situbondo mengadakan peringatan Millad yang ke-67 bertempat di Aula gedung Dinas Pariwisata pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Situbondo.Sebenarnya Millad tersebut dilaksanakan pada tanggal 05 Februari. Namun karena ada beberapa kendala, maka kegiatan tersebut di undur 4 hari hingga tanggal 09 Februari 2014. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah para Kader dan Alumni HMI Situbondo serta undangan.
Opening Ceremony Millad HMI Ke-67
     Acara dikemas lebih menarik seperti forum Indonesia Lawyers Club (ILC).Kegiatan diawali dengan acara Opening Ceremony yang di dalamnya ada sambutan dari Ketua Umum HMI Situbondo dan juga Alumni HMI yang di wakili oleh Kanda Agus Sofyan.Kemudian ada juga pemotongan tumpang sebagai ungkapan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah S.w.t.Setelah Opening Ceremoni, Acara dilanjutkan dengan Dialog Interaktif dengan tema "Peran Pemuda dalam Pembangunan Bangsa". Narasumbernya adalah Kanda Agus Sofyan dan Kiai Haji Mursid Romli.
       Dalam pemaparannya, kanda agus Sofyan mengarahkan agar pemuda pada era ini tidak hanya menjadi beban negara tanpa melakukan apa-apa atau menjadi pengangguran. tetapi pemuda harus lebih produktif dengan menyibukkan diri dalam bidang Kewirausahaan. Karena ketika pemuda menyibukkan diri dengan aktifitas kewirausahaan, maka hal ini akan meminimalisir penyimpangan - penyimpangan yang belakangan ini sering terjadi dalam dunia kepemudaan."Untuk menjadi pengusaha sangat mudah, tidak perlu memikirkan modal,karena modal bukanlah kebutuhan utama ketika kita akan memulai sebuah usaha, cukup dengan punya kemauan yang sungguh-sungguh kemudian sertai dengan Tindakan, maka semua yang di cita-citakan akan segera kalian gapai",terang Agus Sofyan yang saat ini menjadi Guru kewirausahaan di SMK 1 Situbondo.

Para Kader menyampaikan Usulan dalam Musrenker
      Berbeda halnya dengan pemaparan Kiai Haji Mursid Romli. Beliau lebih menekankan pada semangat untuk lebih Konstruktif.Menurutnya pemuda harus melakukan 5 hal yang akan membawanya pada kesuksesan. Pertama, pemuda harus mempunyai mimpi yang besar.Untuk mempunyai mimpi yang besar maka  harus berpikir besar."Kalau kalian menjadi kader HMI, jangan hanya bermimpi ingin jadi Ketua komisariat saja, terlalu rendah itu, minimal kalian harus bermimpi untuk menjadi Ketua Umum PB HMI gitu.."Guyon Kiai disambut dengan tepuk tangan para audien yang hadir dalam acara Millad tersebut.Kemudian yang kedua, pemuda harus membiasaan diri untuk selalu berpikir positif.Percaya Diri harus dimikili setiap pribadi kita. karena kalau kita tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana mungkin kita percaya pada orang lain ??.Positif Thinking harus selalu dilakukan oleh kita.Ketiga adalah ada kemauan untuk belajar.Belajarlah pada orang yang sukses, jangan belajar pada orang yang pernah gagal. Belajar tidak hanya dalam pendidikan formal saja tetapi lebih ditekankan pada semangat untuk selalu mencari pengetahuan-pengetahuan yang  mampu menciptakan pola pikir yang selalu optimis. Nah kemudian, Jika ketiga hal tersebut sudah terpatri dalam diri setiap diri kita, maka langkah selanjutnya adalah wujudkan cita-cita anda itu dalam bentuk tindakan yang disertai dengan Do'a. Karena tindakan tanpa do'a itu tidak akan mendapatkan sebuah nilai dan juga do'a tanpa disertai tindakan maka hal itu mustahil mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Kelima hal tersebut harus tertanam dalam diri kita jika memang mempunyai cita-cita ingin menjadi orang sukses.
     Setelah pemaparan selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesion tanya jawab yang dipandu langsung oleh Presenter Komisariat Situbondo saudara Ainul Burhan.Banyak Audien yang bertanya kepada pemateri. kesemuanya sama-sama semangat apalagi yang dibahas masalah kepemudaan. Forum Sempat memanas ketika muncul pertanyaan yang membahas tentang masalah problematika Qolbu yang sering terjadi di kalangan pemuda.Dengan diberikan pemaparan yang lebih soluktif oleh narasumber akhirnya forum bisa kondusif kembali.Sebenarnya masih banyak kader yang ingin Diskusi lebih jauh tentang persoalan kepemudaan ini, namun karena terbats oleh waktu, maka pada jam 12.30 acara di Skorsing untuk sholat dan makan.
     Pada jam 13.15 acara dilanjutkan dengan Musyawarah Rencana Kerja (Musrenker). Tujuannya adalah untuk menampung segala aspirasi para kader. baik kader baru ataupun kader lama.Penampungan aspirasi tersebut adalah untuk dijadikan rujukan para pengurus ketika Raker (Rapat Kerja) penyusunan Program Kerja Untuk satu tahun kedepan. Sehingga harapannya adalah program yang disusun oleh pengurus bukan lagi sebagai program yang terpisah tetapi program tersebut merupakan program yang memang sesuai dengan keinginan kader ketika berproses dalam HMI.
     Sangat banyak sekali usulan program yang di ajukan kader. Usulan agar HMI mengedepankan nilai - nilai keislaman banayk yang mengusulkan. Turunan kegiatannya adalah kajian Fiqih,ke-HMI-an dan lain sebagainya. Ada juga yang mengusulkan untuk menekankan pada program yang lebih menekankan pada rasa kekeluargaan, turunan programnya adalah anjangsana, sarasehan dan studi banding ke komisariat-komisariat lain.Tak ketinggalan juga kader-kader yang mempunyai bakat dan minat agar juga diwadahi, misalnya program kesenian seperti Hadrah,Band, teather dll. Yang ingin program Keilmuan juga ada, maksudnya adalah kader ingin program keilmuan yang sesuai dengan faknya masing - masing. sehingga nantinya  Insan akademis yang berprestasi akan benar-benar terwujud.
     Terdapat puluhan Usulan yang disampaikan kader dalam Forum tersebut.Usulan yang disampaikan oleh kader akan d=segera diolah oleh pengurus dalam rapat kerja yang nantinya akan di realisasikan dalam bentuk kegiatan- kegiatan. tentunya Usulan tersebut juga akan disesuaikan dengan berbagai peluang indikator yang sekiranya bisa mendorong program tersebut mampu direalisasikan.
     Akhirnya pada jam 15.20 Kegiatan tersebut diakhiri dengan kesimpulan oleh Fasilitator.Semoga usulan dari kader mampu diakomodir keseluruhan dan bisa direalisasikan sesuai dengan keinginan bersama. Dukungan dan dorongan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan agar usulan tersebut bisa terlaksana. Dan Yakin Usaha akan segera Sampai.(09/02/2014)

1 komentar:

  1. pada 5 hal yang hrus pemuda miliki untuk menjadi sukses, pada point ketiga, yaitu kemauan untuk belajar. "belajarlah pada orang sukses, bukan belajar pada orang yang pernah gagal".. maav sebelumnya, bukankah dibalik orang sukses ada kegagalan didalamnya, jika seseorang belum pernah merasakan kegagalan bagaimana ia bisa berproses untuk lebih baik.. mungkin abang kita slah ketik :) kan gitu..(c) salam damai :>) YAKUSA

    ReplyDelete
:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer