Pages

Tuesday, February 26, 2013

Mutiara di TengahTerjangan Ombak

Beberapa waktu terakhir ini Himpunan Mahasisawa Islam ( HMI ) sering disebut – sebut dalam setiap perbincangan dan pemberitaan di Media Massa. HMI sering disangkut pautkan dengan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Ketika masih menjadi Mahasiswa dia memang pernah menjabat sebagai ketua umum Pengurus Besar HimpunanMahasiswa Islam (PBHMI) periode 1997 sampai dengan tahun 1999. Menurut pemberitaan di media massa disebutkan bahwa Anas Urbaningrum tersandung kasus Proyek Hambalang di Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menetapkan Anas Urbaningrum sebagai tersangka. Naiknya status menjadi tersangka yaitu setelah dijatuhkannya status tersangka terhadap anak buahnya di partai Demokrat yaitu berawal dari ocehan Nazaruddin yang pada saat itu masih menjabat sebagai bendahara umum partai demokrat dan juga masih sebagai anggota DPR RI disusul dengan Angelina Sondakh yang juga masih menjadi anggota DPR RI dan tak ketinggalan juga Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Malarangeng.

Naiknya status Anas dari saksi menjadi tersangka sangat mencoreng pamor partai demokrat yang dipimpinnya sekaligus dengan sering disebutkannya latar belakang organisasi ketika masih menjadi mahasiswa mempunyai dampak negatif terhadap cara pandang masyarakat pada HMI. Dengan banyaknya tokoh – tokoh alumni HMI yang tersandung skandal kasus korupsi menyebabkan spekulasi baru di tengah – tengah masyarakat. Ada yang berbendapat jangan – jangan proses pengkaderan HMI memang untuk mencetak kader yang korup. Apalagi ditambah dengan ulah para mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya sebagai kader HMI, kemarin melakukan unjuk rasa menuntut dibubarkannya KPK. Demonstrasi tersebut terjadi beberapa hari setelah Saudara Anas Urbaningrum ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Maka kemudian muncul pembicaraan masyarakat “Jangan-jangan HMI ini adalah underbow dari salah satu partai politik. Kalau memang mau mengkritisi KPK kog baru dilakukan ketika Anas Urbaningrum di tetapkan sebagai tersangka dalam kasus Hambalang ???? “.
                 
Menjadi dilema dalam diri kita sebagai kader yang baru belajar proses perkaderan di HMI. Keadaan internal HMI beberapa waktu yang lalu juga diinformasikan negatif oleh media mengenai masalah yang terjadi pada ketua Umum pengurus besar Himpunan Mahaiswa Islam (HMI). Kemudian setelah itu, terjadi konflik Dualisme kepengurusan dalam pengurus besar HMI. Hal ini sangat di sayangkan sekali mengingat HMI yang semestinya menjadi pengontrol terhadap kebijakan pemerintah malah di sibukkan dengan persoalan rumah tangganya sendiri yang masih mengambang sampai saat ini.
                 
Namun ditengah-tengah kisruhnya permasalahan dan pemberitaan negatif terhadap HMI baik di eksternal maupun di Internal, kemudian muncul mutiara yang membawa keharuman terhadap HMI. Sebut saja Alumni Kita yang sampai saat ini masih terbukti kredibilitasnya adalah Koordinator Presidium KAHMI (Korps Alumni HMI) Moh. Mahfud MD. Dari beberapa survey yang dilakukan oleh lembaga survey terkemuka di Indonesia menyebutkan bahwa Mahfud MD masuk dalam tokoh yang sampai saat ini masih terbukti bersih dan tidak pernah tersandung kasus baik yang kecil ataupun besar. Kemudian beberapa waktu yang lalu muncul hasil survey yang mengejutkan yaitu Bang Mahfud MD menempati posisi teratas dalam survey  elit untuk calon presiden 2014 yang terjaga kredibilitasnya. Survey tersebut dilakukan dengan komposisi peserta berasal dari masyarakat yang berpendidikan (Masyarakat Elit). 

Hal ini menunjukkan bahwa masih sangat diperlukannya pemimpin dari Himpunan MahasiswaIslam. Pemimpin yang mampu membawa rakyat dan bangsa Indonesia kejalan yang lebih baik. Karena sebenarnya masalah keummatan ini telah tertulis dalam Anggaran Dasar HMI Pasal 4 bahwa HMI bertujuan untuk Terbinanya insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridho’i Allah Subhanahu Wata’ala. Semoga setiap Usaha yang dilakukan memberikan manfaat terhadap kemajuan negeri tercinta ini INDONESIA RAYA. Yakin Usaha Sampai.

(Syaiful Bahri Wasekum PTKP HMI Cabang Situbondo)
               

16 komentar:

  1. sambil menunggu kebenarannya, jika terbukti itu unsur manusiawinya, jika salah berarti unsur keadilan yg harus di pertanyakan. :D

    Biarkan HMI berjalan sebagai ormas besar yg memajukan bangsa, bukan hanya sebagai oraganisai kepemudaan. Nyambung nggak nih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata2 adil memang relatif mbak Indah, tinggal bagaimana hukum/aturan itu memposisikan kebijakannya. Yang salah memang harus selayaknya dan wajib diproses sesuai dengan hukum yang ada. dan jika tidak bersalah maka secara lapang data dan "nerimo" dengan putusan tersebut. :D

      sebagaimana dalam Konstitusi, HMI merupakan Organisasi yang Independen, HMI tetaplah Oraganisasi Kepemudaan, perkaderan. Wallahu a'lam..

      Delete
    2. bisa tuh tombol balasnya, tp masih menginduk di komentar yg pertama. kalau ingin yg seperti punya saya, silahkan berkunjung disini: http://www.tipstrikblogging.com/

      Delete
    3. Alhamdulillah sukses Mbak Indah,, Terima kasih,,, :D

      Delete
    4. Sekalian kasih emoticonnya..biar keliatan makin keren

      Delete
  2. Emoticon silahkan ambil disini yah, byk versinya : http://ut2a-4down.blogspot.com/2012/11/pasang-emotion-geasemonkey-v2-di-kotak.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK Mbak Indah,, saya coba otak atik dulu,, :D

      Delete
  3. Sebaiknya kita belajar untuk menyikapi semua permasalahan dengan bijaksana.Apabila ada orang yang melakukan perbuatan melanggar hukum,maka yang bersalah adalah orangnya bukan organisasinya.Kadang kalau sudah urusan politik semua bisa jadi terbawa tergantung pihak yang bermain diair keruh.
    Kalau ingin terjun dalam bidang politik wajib punya kesabaran dan kekuatan menahan diri dari emosi.Coba perhatikan para elit politik,walau sangat marah tapi tetap berbicara tenang. :-b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kawan.. kdang masyarakat kita menilai dari mana ia berproses sebelumnya... dari situlah akan dicari2 dan dikaitkan semuanya... semoga kita mendapat pencerahan.. (p).
      wallahu a'lam.

      Delete
  4. Turut meramaikan aja mas. Ditunggu kunjungannya trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok kawan Dhiyas... terima kasih sudah berkunjung.. :D

      Delete
  5. itulah beddanya kita dengann yang lain

    ReplyDelete
  6. wah..sampean blogger situbondo ya mas? saya dulu sekolahnya di situ..

    sorry comentnya keluar dari topik. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kawan... sekolah situbondo mana dlu?

      meskipun keluar dari topik itung2 nambah saudara...semangat blogging,,, :)) :-b

      Delete
    2. saya di smk Ibrahimy mas..angkatan tahun 2005. btw..sampean rumahnya daerah mana?

      Delete
:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer